Silabus Dan Pola Rpp Sma Terbaru Kelas X, Xi, Xii Kurikulum 2013

Silabus dan Contoh RPP SMA Terbaru Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 




Pagi ini saya akan share dari postingan-postingan saya yang lalu perihal Silabus dan Contoh RPP SMA Terbaru Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013. Postingan kali ini dimaksudkan untuk memudahkan sahabat-sahabat yang masih gundah tentang Silabus dan RPP SMA Kurikulum 2013 ini. Makara, saya berinisiatif untuk memisahkan antara Silabus dan RPP Kurikulum sebelumnya dengan Silabus dan RPP Kurikulum sekarang atau Kurikulum 2013.

Sekali lagi perlu diketahui bahwa silabus merupakan planning pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang meliputi standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber /materi/alat berguru. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam bahan pokok/pembelajaran, acara pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk evaluasi (BSNP, 2006). Sedangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan implementasi dari silabus sebagai acara pengajaran. Pada kurikulum 2013 ini penyusunan RPP masih menjadi kewajiban guru, jadi di sini aku hanya akan share teladan RPP Kurikulum 2013 yang bisa dijadikan bahan contoh untuk penyusunan RPP pada mata pelajaran lainnya.

Prinsip-Prinsip Pengembangan RPP (berdasarkan Permendikbud 81A lampiran IV). Berbagai prinsip dalam berbagi atau menyusun RPP adalah sebagai berikut.
  • RPP disusun guru sebagai terjemahan dari pandangan baru kurikulum dan menurut silabus yang telah dikembangkan di tingkat nasional ke dalam bentuk rancangan proses pembelajaran untuk direalisasikan dalam pembelajaran.
  • RPP dikembangkan guru dengan menyesuaikan apa yang dinyatakan dalam silabus dengan kondisi di satuan pendidikan baik kemampuan awal penerima latih, minat, motivasi berguru, talenta, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya berguru, kebutuhan khusus, kecepatan berguru, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan penerima bimbing.
  • Mendorong partisipasi aktif penerima ajar
  • Sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013 untuk menghasilkan peserta bimbing sebagai manusia yang berdikari dan tak berhenti belajar, proses pembelajaran dalam RPP dirancang dengan berpusat pada penerima ajar untuk menyebarkan motivasi, minat, rasa ingin tahu, kreativitas, inisiatif, wangsit, kemandirian, semangat mencar ilmu, keterampilan berguru dan kebiasaan mencar ilmu.
  • Mengembangkan budaya membaca dan menulis
  • Proses pembelajaran dalam RPP dirancang untuk berbagi kegemaran membaca, pemahaman bermacam-macam bacaan, dan berekspresi dalam aneka macam bentuk goresan pena.
  • Memberikan umpan balik dan tindak lanjut.
  • RPP memuat rancangan acara pertolongan umpan balik nyata, penguatan, pengayaan, dan remedi. Pemberian pembelajaran remedi dilakukan setiap saat sehabis suatu ulangan atau ujian dilakukan, hasilnya dianalisis, dan kelemahan setiap penerima latih mampu teridentifikasi. Pemberian pembelajaran diberikan sesuai dengan kelemahan peserta latih.
  • Keterkaitan dan keterpaduan.
  • RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI dan KD, materi pembelajaran, acara pembelajaran, evaluasi, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman mencar ilmu. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas matapelajaran untuk perilaku dan keterampilan, dan keragaman budaya.
  • Menerapkan teknologi berita dan komunikasi.
  • RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi info dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.
Hal yang penting dalam pembelajaran yaitu materi yang disampaikan harus mencakup: data/fakta, konsep, prinsip, prosedur dan nilai sikap bagi penerima didik, maka seorang guru sangat perlu untuk menyusunnya dalam bentuk RPP dimaksud. Untuk lebih jelasnya teman-sobat bisa mendownload Silabus dan Contoh RPP pada beberapa Mapel di SMA. Semoga bermanfaat dan mampu membantu.

Silabus dan Contoh RPP SMA

Silabus dan Contoh RPP SMA Kelas X, XI, XII Kurikulum 2013 :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel