Soal Ips Sma Kelas X (10) Mengidentifikasi Kebutuhan Manusia Beserta Jawabannya



 Soal IPS Sekolah Menengan Atas Kelas X Mengidentifikasi kebutuhan insan beserta Jawabannya
  1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
  2. Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
  3. Mengidentifikasi hal-hal yang menghipnotis kebutuhan.
  4. Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
  5. Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.
  6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.
 
 Soal IPS SMA Kelas X Mengidentifikasi kebutuhan manusia beserta Jawabannya Soal IPS SMA Kelas X (10) Mengidentifikasi kebutuhan manusia beserta Jawabannya
Benda pemuas kebutuhan sumber foto youtube.
1. Apa yang dimaksud dengan barang?
Barang ialah benda-benda yang berwujud, yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya atau untuk menghasilkan benda lain yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat.

2. Jelaskan macam-macam benda pemuas kebutuhan menurut tujuan kegunaannya?
a. Benda Konsumsi
Benda konsumsi merupakan benda pemuas kebutuhan yang mampu pribadi digunakan untuk memenuhi kebutuhan insan tanpa perlu di olah lagi. Contoh benda konsumsi antara lain buah-buahan, roti, pakaian, sepatu dan sebagainya. Karena benda konsumsi bisa langsung dipakai, maka sering juga disebut sebagai benda siap pakai.
b. Benda Produksi
Benda produksi merupakan benda pemuas kebutuhan yang dipakai dalam proses produksi. Benda produksi sering disebut sebagai barang modal, yaitu benda yang dipakai untuk memproduksi benda lain. Contoh benda produksi adalah mesin-mesin pembuat barang kebutuhan

3. Sebutkan acuan materi mentah!
Contohnya: dari hasil tambang; minyak bumi, tembaga, timah, perak, kerikil bara. Dari hasil hutan; kayu, damar, rotan. Dari perkebunan; teh, tembakau, kopi dan dari hasil pertanian; padi, palawija, sayuran.

4. Sebutkan macam benda pemuas kebutuhan menurut kekerabatan dengan barang lain!
a. Barang suplemen (komplementer)
Barang komplemen yakni alat pemuas kebutuhan yang akan lebih bermanfaat dan lebih dapat dirasakan manfaatnya apabila dipakai secara tolong-menolong dengan barang yang lain. Dengan kata lain, barang pelengkap atau komplementer ini berfungsi untuk melengkapi barang lain dalam penggunaan. Contoh, minyak tanah akan lebih bermanfaat bila kita gunakan bersama dengan kompor dan kopi akan lebih bermanfaat apabila dicampur dengan gula.

b. Barang pengganti (subtitusi)
Barang pengganti ialah alat pemuas kebutuhan yang fungsinya mampu saling menggantikan. Contoh, jikalau tidak ada angkot maka kita bisa naik taksi, kalau tidak ada nasi maka kita mampu memakan sagu atau jagung dan kalau tidak ada susu maka kita bisa minum teh. Hal ini berarti fungsi taksi mampu menggantikan angkot, sagu/jagung dapat menggantikan nasi dan teh mampu menggantikan susu.

5. Jelaskan kegunaan benda pemuas kebutuhan berdasarkan kegunaan bentuk (form utility)!
Menurut bentuk
  • Benda abstrak : benda yang tidak aktual/tidak mampu dilihat (hanya kesannya yang nampak), teladan : jasa seorang tukang pangkas rambut, jasa seorang guru  
  • Benda kongkrit : benda konkret, mampu dilihat, diraba, pola : nasi, jeruk, bangku.
 6. Jelaskan langkah yang harus ditetapkan dalam menghadapi kelangkaan sumber daya!
Ada beberapa cara untuk mengatasi kelangkaan antara lain:
Menghemat penggunaan sumber daya alam
Memelihara dan melestarikan sumber daya alam dengan baik
Menciptakan alat pemuas/barang pengganti (barang substitusi)
Meningkatkan pengelolaan berbagai macam sumber daya alam, sehingga lebih bermanfaat bagi kehidupan manusia.

7. Sebutkan fatwa untuk menganalisis penentuan pilihan dan permasalahan ekonomi!
a. Apa yang akan Diproduksi (What)?
Pertanyaan ini menyangkut ihwal barang apa yang akan dihasilkan dan berapa banyak jumlah yang akan diproduksi.

b. Bagaimana Cara Produksinya (How)?
Setelah Anda menjawab pertanyaan pertama, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara memperoleh atau memproduksi barang yang diinginkan tersebut. Ya, pertanyaan ”how” untuk menentukan bagaimana sumber daya disediakan, dialokasikan, dan dikombinasikan biar mendapat hasil yang maksimal.

c. Untuk Siapa Di Produksi (For Whom)?
Dari kegiatannya, sebetulnya industri tersebut memproduksi barang untuk siapa? Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam negeri ataukah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat luar negeri?

8. Jelaskan persoalan pokok ekonomi yang dihadapi masyarakat
  • Konsumsi, setiap kebutuhan insan atau masyarakat didesak oleh kebutuhan-kebutuhan atau keinginannya dalam memilih jenis barang-barang dan jasa yang hendak digunakan atau dikonsumsi.
  • Produksi, masalah produksi berkaitan bersahabat dengan produk (barang dan jasa) apa yang akan diproduksi, untuk siapa barang tersebut diproduksi, memakai berapa tenaga kerja. Dalam acara produksi, tidak terlepas dari cara penggunaan bahan mentah, peralatan (modal), tenaga kerja, dan teknologi yang memilih kapasitas produksi atau kemampuan memproduksi barang dan jasa.
  • Distribusi, msalah distribusi yakni bagaimana menyalurkan barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen serta kanal distribusi apa yang akan dipakai. contohnya lewat distributor, distributor, atau jalan masuk lainnya
  • Pertumbuhan, persoalan pertumbuhan ekonomi menyangkut bertambahnya pendapatan nasional, di antaranya bertambahnya pendapatan/ masyarakat. Pertumbuhan juga berkaitan dekat dengan kelangsungan hidup insan. Pokok masalahnya yakni bagaimana kehidupan ekonomi berjalan terus menerus dengan sumber daya alam yang semakin berkurang, sementara pertambahan penduduk dan kebutuhan masyarakat terus meningkat.
9. Jelaskan fungsi dari pertanyaan “what” dalam persoalan pokok ekonomi!
Apa (What)
Barang dan jasa apa saja yang akan  diproduksi dan dalam jumlah berapa harus ditentukan? Dari sekian banyak barang dan jasa, manakah yang harus dipilih untuk diproduksi!. Keputusan produksi tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun juga untuk menghasilkan keuntungan maksimum.

10. Jelaskan bagaimana sistem ekonomi adonan memecahkan persoalan
Sistem ekonomi gabungan merupakan perpaduan konsep antara sistem ekonomi pasar dengan sistem ekonomi komando, dimana kelemahan-kelemahan dieliminasi pada sistem ekonomi campuran. Dari manakah perpaduan antara sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terpusat, hal ini dapat diketahui dengan melihat ciri-ciri sistem ekonomi adonan dan kelebihan dan kerugian sistem ekonomi campuran mirip yang ada dibawah ini.

11. Jelaskan Pengertian Sistem Ekonomi
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut.

12. Jelaskan mengenai sisi aktual dan sisi negatif sistem ekonomi tradisional dan pasar!
 1. Sistem ekonomi tradisional
 a. kelebihan
  • tidak terjadi persaingan
  • konflik-konflik tidak terjadi, alasannya semua berjalan sesuai dengan kebiasaan
  • cukup kondusif sebab anggota masyarakat tidak di bebani dengan sasaran-  target yang harus di capai
  • tidak menimbulkan tekanan jiwa
 b. Kekuranagan
  • masyarakat bekerja semata-mata untuk memenuhi kebutuhan hidup dan bukan untuk meningkata kan kesejahteraan
  • acara ekonomi dilakukan semata-mata untuk memenuhi kebutuhan dasar, tidak untuk mencari laba
  • kecil sekali untuk terjadi perubahan-perubahan yang mampu mengangkat derajat kehidupan msayarakat, alasannya setiap perubahan di anggap tabu
  • tidak memperhitungkan efisiensi penggunaan sumber daya secara maksimum.
2. Sistem ekonomi pasar
 a. kelebihan
  1. individu bebas mengatur sumber daya ekonomi.
  2. adanya kebebasan individu mendorong kemandirian berusaha dan pencapayan hasil terbaik.
  3. adanya semangat mencari laba maksimum akan meningkatkan motivasi kerja, penemuan, dan produkfitas kerja
  4. adanya persaingan sehat menurut prosedur pasar mampu mendorong kemajuan dalam perjuangan 
b. kekurangan
  1. adanya praktik persaingan tidak sehat, yakni penindasan terhadap pihak yang lemah
  2. persaingan tidak sehat dapat mengakibatkan monopoli yang merugikan masyarakat
  3. timbulnya praktik yang tida jujur yang didasari mengejar laba yang sebesar-besarnya, sehingga kepentingan umum dikesampingkan.

13. Jelaskan perbedaan sistem ekonomi trasidisional, terpusat, pasar, dan adonan kemudian bandingkanlah keempat sistem ekonomi tersebut!
Tradisional : masyarakat masih menentukan harga pokok/ harga pasar sendiri. Modern/Komando : pemerintah yang memilih harga pasarnya. Campuran : pemerintah dan masyarakat berdiskusi temtang memilih harga pasarnya.

14. Sistem ekonomi terpusat
Sistem ekonomi terpusat/komando yaitu sistem ekonomi dimana tugas pemerintah sangat mayoritas dan kuat dalam mengendalikan perekonomian. Pada sistem ini pemerintah menentukan barang dan jasa apa yang akan diproduksi, dengan cara atau metode bagaimana barang tersebut diproduksi, serta untuk siapa barang tersebut diproduksi.

15. Faktor yang terlibat dalam pengambilan keputusan untuk pertanyaan “how” dalam dilema ekonomi.
Hal ini menyangkut cara bagaimana (how) proses produksi akan dilakukan. maksudnya adalah siapa yang akan melaksanakan, menggunakan sumber daya apa saja, dengan teknologi apa barang-barang tersebut dihasilkan, seberapa besar skala produksinya?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel