10 Soal Tkp Hots Cpns Yang Sering Muncul Part 1 Lengkap Pembahasan - Update 2019

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - 10 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi - TKP SKD CPNS HOTS yang Sering Muncul (Update 2019) Part 1, Soal CPNS Gratis Full Pembahasan.

Hallo selamat pagi sahabat , nah setelah kemarin-kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.

 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi  10 Soal TKP HOTS CPNS yang Sering Muncul Part 1 Lengkap Pembahasan - Update 2019
TKP CPNS

Nah kini mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, agar yang males buat ngeunduh file bisa pribadi membaca dan mencar ilmu lewat blog ini dikala itu juga.

Nah untuk soal TKP yangs sering muncul akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula.

Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), kemudian yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.

Untuk soal TKP Hots silahkan baca dibawah ini

1. Pagi ini seperti biasanya anda selalu sibuk dengan rutinitas dipekerjaan sebagai seorang customer service pada sebuah rumah sakit pemerintah. Ketika anda sedang asik bekerja datanglah seorang ibu-ibu tua yang ingin menanyakan prosedur penggunaan BPJS kesehatan untuk proses rawat inap anaknya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan secepatnya semoga sakitnya tidak bertambah parah, Setelah anda menjelaskan panjang lebar dengan bahasa yang gampang dimengerti beberapa kali kepada sang ibu namun ternyata ibu tersebut tampak sangat kebingungan dan mengatakan bahwa dia tidak mengerti sama sekali dengan prosedur yang anda jelaskan, bagaimana sikap anda

A. Menjelaskan secara pelan pelan dengan bahasa yang gampang dipahami oleh ibunya biar beliau tahu maksud dari apa yang anda jelaskan
B. Menjelakan dengan sabar sembari mengajak sang ibu untuk damai terlebih dahulu biar lebih focus dikala anda menjelaskan, jikalau masih kebingungan anda akan membantu ibu tersebut untuk proses pengurusannya
C. Menjelaskan secara perlahan tahapan demi tahapan yang harus dilakukan ibu tersebut dengan bahasa yang santun agar sang ibu paham maksud dari apa yang anda jelaskan
D. Meminta sang ibu untuk memanggil salah satu anggota keluarganya agar anda mampu menjelaskan hal tersebut kepadanya
E. Meminta sahabat anda yang lebih berpengalaman dalam melayani keluarga pasien yang kebingungan dalam memahami prosedur yang ada
JAWABAN : DECAB (54321) Topik Pelayanan public, Indikator daya tanggap terhadap pelayanan terhadap masyarakat, memenuhi kebutuhan akseptor layanan dan segera mungkin, permasalahan pada soal ibu ibu renta yang tidak paham prosedur penggunaan BPJS untuk rawat inap padahal sudah anda jelaskan bahkan dengan bahasa yang gampang dimengerti tapi sang ibu tetap tidak paham, solusinya ialah menjelaskan kepada anggota kelurga yang lain.

2. Awal tahun ini anda barus saja lulus dari sebuah Universitas ternama dengan predikat cumloude. Andapun mencoba peruntungan untuk melamar dibeberapa perusahaan. Setelah mengikuti beberapa kali proses seleksi dibeberapa perusahaan balasannya anda diterima disebuah perusahaan yang terletak dipinggiran kota. Kemudian Anda menetapkan untuk mencari kontrakan disekitar lokasi perusahaan anda bekerja. Namun anda merasa tinggal di pinggiran kota memang sangat tidak mengenakkan. Mulai dari susahnya transportasi umum untuk ke kota, jauhnya kemudahan kesehatan, sampai jarangnya tepat hiburan sebagai pelepas stress bila pulang bekerja, tapi dengan tinggal di pinggiran kota menciptakan anda sering datang sempurna waktu di kantor, bagaimana perilaku anda

A. Saya akan mencoba untuk bertahan semampunya untuk tetap tinggal di pinggiran kota sebab akan menciptakan aku lebih erat dengan lokasi perusahaan
B. Mencari tempat tinggal lain yang lebih nyaman, meskipun sedikit jauh dari lokasi perusahaan tempat anda bekerja
C. Mencari cara supaya mampu menikmati kehidupan di daerah pinggiran kota yang lokasinya erat dengan pekerjaan anda
D. Berusaha untuk bekerja lebih giat dengan harapan mampu menerima kemudahan rumah dari kantor.
E. Menerima hal ini sebagai resiko dari pekerjaan yang anda ambil dan berusaha untuk tetap bisa merasa nyaman tinggal di tempat pinggiran
JAWABAN : CEADB (54321) Topik kemampuan menyesuaikan diri, Indikator bisa beradaptasi dengan lingkungan gres serta bersifat menerima perubahan sebagai sebuah tantangan , permasalahan pada soal anda merasa bahwa tinggal di tempat pinggiran tidak mengenakan alasannya serba banyak kekurangan namun hal ini memudahkan untuk akses ke tempat kerja, solusi yang tepat adalah opsi C Mencari cara semoga dapat menikmati kehidupan di kawasan pinggiran kota yang lokasinya erat dengan pekerjaan anda menawarkan bahwa anda seorang yang mampu menyesuaikan diri dengan suasana gres.

3. Semenjak ekspresi dominan kemarau melanda negeri ini terutama didaerah kawasan tinggal anda. Membuat masyarakat disekitar harus berhemat dalam penggunaan air untuk kebutuhan rumah tangga dan keperluan sehari-hari lainnya. Satu satunya sumber air yaitu berasal dari air PDAM yang mengalir disetiap rumah warga. Namun simpulan-final ini aliran air tersebut sering mati, terutama pada saat pagi hari dimana semua orang membutuhkannya untuk banyak sekali kegiatan mulai dari memasak hingga dengan untuk kebutuhan mandi sebelum menjalankan aktivitas. Hal apa yang akan anda lakukan
A. Mengajukan protes kepada pihak penyedia jasa air yaitu PDAM agar pada saat pagi hari ajaran air tidak mati alasannya ini merupakan hak warga
B. Santai saja, aku bisa meminta air untuk kebutuhan memasak dan mandi kepada tetangga
C. Menggunakan air seadanya untuk memasak dan kebutuhan mandi sebelum berangkat ke kantor supaya tidak terlambat
D. Meminta suami/istri untuk membeli air gallon setiap harinya untuk kebutuhan memasak dan mandi anggota kelurga
E. Menampung air dimalam hari sebagai cadangan untuk kebutuhan dipagi hari
JAWABAN : EDACB (54321) Topik Kreatifitas dan Inovasi, Indikator bisa berfikitan kreatif dan imajinatif untuk mrnyelesaikan dan mencari solusi terhadap masalah, duduk perkara dalam soal yakni isu terkini kemarau membuat warga harus berhemat air, ditambah lagi air sering mati bila diwaktu pagi solusi yang paling tepat adalah opsi E Menampung air semalaman sebagai cadangan menunujukkan jikalau kita orang yang kreatif mampu mencari solusi atas sebuah permasalahan yang terjadi.

4. Hari ini di kantor anda akan di adakan rapat besar terkait dengan kebijakan yang akan ditempuh oleh perusahaan dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan terhadapa masyarakat. Semua karyawan yang mewakili divisi masing-masing diminta untuk memberikan pandangan baru dan gagasan mereka pada ketika rapat berlangsung, anda pun telah menyampaikan ilham anda sebagai perwakilan dari divisi anda, namun rekan yang lain kurang mendukung ide dan gagasan yang anda usikan karena dinilai tidak memiliki perubahan signifikan terhadap perusahaan kedepannya, perilaku anda
A. Mencoba membicarakan lebih jauh dengan rekan perwakilan divisi yang lain maksud dari gagasan yang anda ajukan dan dampaknya terhadap perusahaan
B. Mencari perlindungan dari ketua rapat, dengan memperlihatkan data-data yang mendukung gagasan anda biar diterima
C. Membicarakan dengan rekan divisi lain untuk memadukan gagasan yang anda punya
D. Menggantinya dengan wangsit lain yang lebih baik dan dapat diterima oleh semua perwakilan divisi
E. Merumuskan pandangan baru tersebut secara detail semoga rekan rekan yang lain mengerti bahwa gagasan yang anda sampaikan akan berdampak baik bagi kemajuan perusahaan
JAWABAN : CDEAB (54321) Topik kemampuan bekerjasa sama dalam kelompok, Indikator keterbukaan, saling bekerja sana dan selalu melibatkan orang lain , persoalan gagasan anda dinilai kurang memberikan perubahan signifikan, solusi pertama yang bisa anda lakukan adalah memadukan gagasan anda dengan rekan yang lain seperi pada opsi C menunjukkan anda mendapatkan pendapat orang lain dan berusaha tetap pada prinsip dengan kaloborasi dengan rekan yang lain.

5. Anda merupakan seorang karyawan pada sebuah perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang transportasi. Siang ini akan di adakan sebuah diskusi singkat dengan pimpinan perusahaan. Semua karyawan diminta untuk menunjukkan ajuan terkait peningkatan kualitas pelayanan terhadap pelanggan kedepannya biar banyak dari customer yang menggunakan jasa perusahaan anda, sikap anda
A. Memberikan proposal kalau ingin meningkatkan pelayanan, perusahaan harus memenuhi semua hal yang diinginkan oleh pelanggan tanpa terkecuali
B. Mengusulkan Adanya jalur khusus untuk ibu hamil dan menyusui dan para lansia
C. Mengusulkan supaya pada hari libur masal biaya tiket didiskon hingga 50% sehingga banyak dari pelanggan yang akan memakai jasa perusahaan anda
D. Memberikan ajuan biar perusahaan menyediakan akomodasi kusus bagi ibu hamil, menyusui dan lansia
E. Menyusulkan agar alat transportasi yang dipakai selalu bersih dengan cara merekrut karyawan baru dengan honor tinggi
JAWABAN : DECBA (54321) Topik Orientasi pada pelayanan, Indikator memperlihatkan pelayanan terhadap pelanggan secara cepat dan mengerti kebutuhan pelanggan tapi disesuaikan dengan sop perusahaan , permasalahan ingin meningkatkan pelayanan, opsi D yaitu opsi yang paling mungkin dengan memperlihatkan fasilitas kusus kepada golongan ibu hamil, menyusui dan lansia semoga merasa nyaman pada saat perjalanan. Jangan terjebak pada opsi A itu bukan tanggapan yang diinginkan, perusahaan sudah punya sop jadi standart layanannya

6. Dengan naiknya biaya hidup dan harga barang yang serba mahal dan sulitnya lapangan pekerjaan membuat masyarakat merasa terjepit masalah perekonomian untuk memenuhi kebutuhan sehari
hari. Begitupun dengan anda sendiri yang hanya merupakan seorang karyawan perusahaan swasta dengan gaji yang sangat pas pasan setiap bulannya. Teman teman anda yang lain juga sering merasa kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Banyak dari teman sahabat anda yang meminjam uang di aplikasi online dengan bunga yang tidak sedikit ditambah lagi kalau melaksanakan pembayaran melebih tempo yang sudah ditentukan, menimbulkan besar bunga bisa melebihi dukungan, perilaku anda bila dihadapkan pada permasalahan diatas

A. Menasehati sahabat-teman aku semoga berhati hati untuk melaksanakan derma online meskipun dengan prosedur yang lebih mudah
B. Tidak ingin melaksanakan hal yang sama bahkan dalam kondisi terdesak sekalipun
C. Berusaha biar tidak melakukan peminjaman agar tidak merasa kesulitan pada dikala melakukan pembayaran nanti
D. Mencari tahu detail tentang perusahaan yang menawarkan santunan jikalau suatu dikala terpaksa harus melaksanakan peminjaman
E. Mencari tahu sejarah perusahaan dan menasehati sobat sahabat yang lain supaya berhati-hati
JAWABAN DCBEA (54321) Topik kemapuan mengendalikan diri, Indikator sikap dewasa dalam pengambilan sebuah tindakan untuk mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan, permasalahan jikalau anda yang ada pada posisi sobat anda, langkah yang tepat yaitu opsi D Mencari tahu detail tentang perusahaan yang memberikan bantuan bila suatu saat terpaksa harus melakukan peminjaman, memberikan anda orang yang bersikap cukup umur dan bisa mengantisipasi sebuah peristiwa dan mengambil keputusan

7. Di kantor saya terkenal sebagia karyawan yang sering menawarkan tunjangan terhadap sesame rekan kerja dalam banyak sekali permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya hal apa yang akan anda lakukan Saat rekan kerja anda membutuhkan bantuan anda
A. Saya akan eksklusif menawarkan membantu sesuai dengan kemampuan aku dengan begitu dapat meringankan beban mereka
B. Saya akan membantu mereka, akan tetapi biasanya saya akan selesaikan dulu permasalahn aku, gres setelah itu membantu dengan iklas
C. Saya bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan saya akan membantu.
D. Saya akan membantu tapi terlebih dahulu aku akan berfikir cukup lama untuk mencarikan solusi yang sempurna atas permasalahan mereka
E. Saya bertanya dahulu jikalau aku mampu aku akan membantu tentunya terlebih dahulu mengerjakan pekerjaan aku
JAWABAN CEABD (54321) Topik Orientasi kepada orang lain, Indikator kepedulian terhadap orang lain membantu sesuai kapasitas dan kemampuan, pada saat orang lain meminta derma hal pertama yang harus anda lakukan adalah opsi C bertanya dahulu mengenai permasalahan yang mereka hadapi jika memungkinkan gres anda akan membantu, alasannya ga semua permasalahn sobat anda mampu membantunya

8. Pagi ini anda meminta bawahan anda untuk melaksanakan tinjaun ke lokasi proyek yang kebetulan dibawah tanggung jawab anda. Namun lagi-lagi bawahan anda tersebut mengingkari janjinya untuk melakukan tinjuan ke lokasi dengan aneka macam alasan yang anda rasa kurang masuk nalar. Sedangkan ini merupakan pekerjaan yang sangat penting demi menjaga nama baik perusahaan dan iman pemakai jasa perusahaan anda sikap anda,
A. Tidak lagi memberinya maaf sebab ini sudah keterlaluan tidak mengindahkan perintah anda padahal itu yaitu pekerjaan yang sangat penting
B. Berhenti memercayainya sejak peristiwa pertama hingga selanjutnya
C. Melaporkan hal ini kepada pemilik perusahaan biar mendapatkan hukuman semoga dia memahami tugasnya untuk masa yang akan datang
D. Berani berkata tegas dengan menegurnya supaya bertanggung jawab
E. Tidak cepat percaya dengannya jikalau diserahkan tugas lagi untuk kedepannya
JAWABAN DCABE (54321) Topik Kemampuan Menggerakkan dan Mengkordinir Orang lain, Indikator sebagai katalisator yang dapat mambawa perubahan dan mengatur bawahan, Permasalahan bawahan yang tidak menjalankan tugasnya dengan aneka macam alasan, sebagai seorang atasan anda wajib menegurnya, karena bawahan anda yaitu tanggung jawab anda, opsi D yakni yang paling tepat

9. Sebagai penerima lomba dalam HUT perusahaan di tempat saya bekerja, yang diikuti oleh semua kolega perusahaan, maka aku akan

A. Yang penting aku akan berpatisipasi mewakili perusahaan saya
B. Tak cukup berpartisipasi saja, aku harus menjadi juara
C. Paling penting tingkatkan kebersamaan antara tim & kolega
D. Kompetisi menjadi juara itu utama, biar menjaga nama baik perusahaan
E. Apapun yang aku lakukan untuk menjaga kebaikan perusahaan
JAWABAN : BDECA (54321) Topik semangat berprestasi, Indikator semangat kompetisi dan menggerakkan usaha untuk sukses, sebagai akseptor lomba anda tentu harus memberikan penampilan terbaik anda untuk perusahaan dengan menjadi juara, hal ini memberikan anda karyawan yang semangat, penuh semangat dalam berkompetisi, mengerahkan usaha semaksimal mungkin

10. Ketika anda hendak berangkat ke kantor, anda melewati jalan raya dan anda melihat banyak orang membuang sampah di dekat tempat pembuangan sampah dan sampah tersebut berserahkan dipinggir jalan yang mengganggu pandangan dan jalannya kendaraan. Apakah yang akan anda lakukan melihat keadaan tersebut

A. Segera merapikan sampah itu tanpa pikir panjang, demi kepentingan penggguna jalan lain dan masyarakat banyak
B. Melewati dan membiarkannya begitu saja alasannya bukan tanggung jawab saya
C. Memberitahu orang yang ada disekitar jalan untuk memungut sampah tersebut dan membuah pada tempat pembuangan sampah yang telah disediakan
D. Memvidoe dan foto selanjutnya diviralkan melalui media sosial biar semua orang paham kondisi di sekitar daerah pembuangan sampah
E. Menelepon pihak berwenang yang bertanggung jawab dengan sampah ini
JAWABAN CEDAB Topik Kemampuan mengendalikan diri, Indikator kesadaran diri untuk melaksanakan tindakan yang diyakini kebenarannya untuk edukasi, anda melihat sampah berserahkan di bersahabat jalan daerah pembuangan sampah yang mengganggu jalannya kendraan, maka opsi C yakni yang paling benar dengan hal tersebut anda memberikan bahwa anda orang yang memiliki kesadaran diri, dan mengambil tindakan untuk solusi dari problem yang ada untuk edukasi
Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) mitra.

Nah itulah 10 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar biar blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel