Cara Membuka Pdf Yang Terkunci Password Di Android, Laptop & Pc

Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - Hello semuanya, pernah nggak sih kau menemukan file-file PDF yang ngak mampu kau buka atau ngak setelah kamu bisa buka ternyata ngak mampu kau copy isinya?

 Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC
Buka Password PDF

Toh padahal kau sudah susah-sudah mencari file tersebut, entah guna persiapan tes masuk kerja, tes cpns atau bahkan ada peran kuliah yang harus segera kamu kerjakan, sehingga harus repot-repot deh untuk menulis manual satu persatu kalimat yang ada.

Nah kalau kamu sobat menerima dilema seperti ini, kau jangan sedih ya. Mas Hakim ada solusi untuk cara membuka pdf yang terkunci password baik pribadi dari androidmu, laptop ataupun PC.

Sebelum keinti perbahasan, ada baiknya mas Hakim jelaskan apa itu PDF, kelebihan daan kekurangan file PDF, jenis PDF, kenapa file PDF ada yang diprivate dan inti pembahasan cara membuka file pdf yang terprivate.

PDF itu Apa?

Kamu sudah tahu belum apa itu PDF?

PDF atau Portable Document File yaitu file atau berkas digital yang membuat kita mampu membaca dokumen elektronik di perangkat apapun, bahkan menggunakan browser sekalipun.

Dibuat pertama kali oleh Adobe pada tahun 1993, PDF mempunyai kelebihan kalau dibandingkan dengan format berkas lain mirip .doc.

Salah satunya yaitu banyaknya elemen yang mampu kau tambahkan ke dalam PDF seperti gambar, tombol, video, link, hingga tanda tangan elektronika.

File PDF ternyata punya banyak segudang manfaat loh dibanding jenis extensi file lainnya, kamu tahu tidak? Lalu apa saja sih kelebihan file PDF itu.

Apa Kelebihan File Berformat PDF?

Pernah ngak kau mengalami hal dikala sudah mengetik file berformat doc dengan rapi pada laptopmu, tetapi ketika kamu pindah pada laptop temanmu tiba-tiba berantakan? Tentu pernahkan? Atau malahan sering?

Nah format PDF pada file hadir sebagai solusi atas duduk perkara tersebut, dengan hadirnya file PDF sobat maka kamu tidak perlu takut ketikan kau berserakan lagi, dengan file berformat PDF maka ketikan/tulisan kau akan tetap sama bentuk dan posisinya dimana saja kamu membukanya.

Bukan itu saja loh ternyata manfaat file berformat PDF, ada banyak lagi. Apa itu?

1. Nyaman. File PDF mampu dikatakan paling nyaman. Banyak sekali aplikasi diappstore yang kompitibel untuk mengakses jenis file ini, bahkan bukan hanya untuk mengakses tetapi sampai bisa mengeditnya juga loh dan tentunya aplikasi juga banyak yang free dengan segudang fitur.

2. Ringkas. Kenapa ringkas? File PDF sendiri ternyata punya size yang cenderung lebih kecil apabila dibanding format lainnya, bahkan file PDF sendiri juga mampu kamu kompres lagi sizenya bila kau masih merasa kebesaran, sehingga tidak banyak memakan memori penyimpanan kau.

3. Jarang sekali ada fie PDF yang eror ketika diakses. Tidak mirip file doc yang terkadang eror sehingga tidak mampu diakses, file PDF hampir tidak pernah ada kata eror.

4. Keamanan. File PDF bisa dibilang sangat aman, mulai dari kondusif terserang virus dan juga aman alasannya adalah mampu kamu beri password sehingga file hanya kamu yang akan mampu mengaksesnya.

Apa Kekurangan File Format PDF?

Walaupun file format PDF terlihat sangat banyak kelebihannya, ternyata ada juga kekurangannya loh. Apa saja itu?

Yang paling mudah dan sering dirasakan yakni sulitnya mengedit file berformat PDF, file berformat PDF umumnya sangat sulit diedit alasannya adalah adanya format PDF bertujuan untuk mempermudah dibaca.

Jangankan merubah gambar yang ada pada file PDF, mengedit tulisannya eksklusif saja tidak semudah saat file masih berformat doc, iya kan?

Apa File PDF itu ada Jenisnya?

Hemmm kamu tahu tidak, ternyata yang namanya file PDF itu bukan hanya satu jenis saja loh! Ada beberapa jenis file PDF loh, antaranya Digitally Created PDFs, Scanned PDFs dan Searchable PDFs.

Bagaimana penjelasannya? Oke mari simak klarifikasi masing-masing jenis file PDF dibawah ini.

1. Digitally Created PDFs

Bila kau membuat file PDF dari awal, mulai dari membuat teks sendiri dan menawarkan gambarnya sendiri maka file PDF ini termasuk dalam jenis file PDF Digitally Created PDFs. Dimana file PDF jenis ini terdapat unsur teks dan dan gambar yang disusun secara manual.

Bahkan dikala kamu buka dengan aplikasi, maka teks dan gambar akan terdeteksi secara masing-masing loh. Sehingga jika kau nantinya hanya butuh teksnya saja, mampu kau langsung copy bagian teksnya, dan begitu sebaliknya.

2. Scanned PDFs

Nah teman , bila jenis file PDF ini kebalikan dengan yang nomor satu. Dari namanya saja Scanned PDFs maka kau seharusnya sudah tahu jikalau jenis file PDF ini berasal dari scan, dimana teks dan gambar yang ada menjadi satu sehingga tidak mampu kau copy.

Tapi sebenernya bisa sih untuk mengambil teksnya saja, tetapi agak ribet sebab membutuhkan aplikasi lagi loh.

3. Searchable PDFs

Ada pun cara memgambil teks dari jenis file PDF Scanned PDFs yaitu memakai aplikasi Optical Character Recognition atau sering disingkat sebagai OCR.

Cara kerjanya ialah menscan teks yang ada pada file PDF jenis Scanned PDFs dalam bentuk teks yang biasanya pribadi tersave pada file doc, maka nantinya bisa kamu edit sendiri.

Tapi bagaimana jika artikel PDF kita tidak mampu diedit karena ada password-nya?

Kenapa Ada File PDF yang Dikunci?

Sebelum lanjut pada inti pembahasan cara membuka password file PDF, maka kamu sobat perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa sih file PDF perlu dikunci atau diberi password? Apakah kamu sudah mengetahui alasannya adalah?

Nah untuk alasannya adalah ada berbagai macam sebenarnya, tergantung dari pembuat file PDF itu sendiri. Simplenya sih mirip guna untuk melindungi file tersebut dari pihak tidak bertanggung jawab.

1. Menjaga file PDF agar tidak ada plagiat, nah hal ini bisa saja menjadi karena kenapa file PDF tersebut dipassword loh.

2. Lalu ada juga sebab file tersebut hanya untuk kalangannya saja sehingga dibatasi aksesnya untuk pihak luar.

3. Ada juga kemungkinan file tersebut diberi password semoga pihak luar tidak mampu leluasa untuk merubah isi kandungan yang ada.

4. Atau alasannya adalah karena sudah ada perjanjian antara pemilik naksah dengan editor sehingga file PDF tersebut diberikan password, hal ini juga bisa saja.

Cara Mengunci File PDF

Nah sesudah kamu tahu alasan kenapa file PDF dipassword atau file PDF dikunci, maka kau kemungkinan bertanya-tanya bagaimana sih cara mempassword file PDF itu?

Nah jika iya, maka kamu harus tenang saja. Sebab disini akan dijelaskan secara lengkap bagaimana cara mempassword atau mengkunci file PDF kamu.

Cara Password File PDF di Windows

Kamu mampu menggunakan beberapa aplikasi seperti Adobe Reader atau PDFmate yang gratis.

Caranya mudah banget kok loh. Setelah melakukan instalasi aplikasi dan membuka file PDF yang ingin diberi password, kamu cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pilih menu File > Security > Open Password > Assign a Strong Password > Klik Build
  • Cara Mengunci PDF di MacOS (MacBook)
  • Bagaimana jikalau ternyata laptopmu merupakan MacBook dengan sistem operasi MacOS?
  • Kamu cukup perlu membuka file PDFmu dengan preview bawaan dari MacOSnya
  • Pilih menu File > Export as PDF
  • Setelah muncul window baru, pilih menu Encrypt option > Assign password > Save changes
  • Jika berhasil, file PDF-mu akan memiliki logo gembok pada thumbnail-nya

Cara Mengunci PDF di Android

Bagaimana dengan pengguna Android?

Banyak kok aplikasi pembuka PDF di Play Store. Salah satunya yang gratis yakni PDF Utility yang mampu kamu downloadnya.
  • Setelah tamat melakukan instalasi, kau cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini.
  • Pilih menu Password Protection > Pilih file PDF yang ingin diberi Password
  • Kamu akan membuat dua jenis password, antara owner password (password untuk menyalin, mencetak, atau memodifikasi konten) dan user password (password untuk membuka file). [sumber: jalantikus]

Cara Mengunci PDF di iOS

Kabar buruk untuk kamu pengguna handphone iPhone nih. Hingga dikala ini, tidak ada aplikasi yang mampu kau gunakan untuk memberi password file PDFmu.

Sebenarnya ada sih aplikasi bernama Pages, tapi aplikasi ini berat banget, geng! Smpai 500MB.

Cara Mengunci PDF Tanpa Aplikasi

Kamu enggak perlu duka jika iPhone-mu tidak punya aplikasi yang memberi password untuk file PDFmu. Kamu bisa kok, menggunakan website-website yang mampu dibuka melalui browser-mu.

Salah satunya adalah melalui unlock-pdf.com.

Kamu cukup mengunggah dokumen PDF-mu, lalu buat passwordnya. Setelah akhir, kau mampu download file PDF-mu yang sudah dilengkapi dengan password.

Cara Membuka PDF yang Terkunci

Lalu, bagaimana seandainya bila kita lupa password yang sudah kita buat sendiri? Enggak usah panik yaaa, alasannya adalah Jaka akan kasih kamu cara membuka PDF yang terkunci!

Tapi sebelumnya, kau perlu tahu bila PDF punya dua tipe password.

Dua Jenis Kunci pada File PDF

Jenis kunci yang pertama yakni user-locked atau disebut juga sebagai permission password. Password ini berfungsi untuk melindungi filemu dari tangan-tangan jahil yang hendak mengubah filemu.

Yang kedua adalah owner-locked atau open password. Proteksi jenis ini akan membuat orang yang tidak punya password sehingga tidak bisa membuka file PDFmu.

Kabar buruknya, jika kunci yang ingin kamu buka bertipe owner-locked, tidak ada aplikasi maupun website yang mampu membukanya.

Cara-cara yang akan dibagikan di bawah ini ialah cara untuk membuka file PDF yang dikunci dengan metode user-locked.

Berbagai Situs untuk Membuka PDF yang Terkunci

Ada bejibun situs-situs yang menyediakan fitur membuka file PDF terkunci, seperti:
  • unlock-pdf.com
  • crackmypdf.com
  • smallPDF.com
  • foxyutils.com
  • online2pdf.com
  • sodapdf.com
  • ilovepdf.com

Sebenarnya, cara yang harus dilakukan untuk setiap situs sama.

Kamu perlu mengunggah file PDFmu ke dalam situs tersebut. Nantinya, situs tersebut akan memproses dan menyimpan file PDF gres tanpa password.

Dapatkan soal CPNS

Nah disini akan dijelaskan cara membuka password atau kunci file PDF pada web unlock-pdf.com, sebab sejatinya cara untuk semua situs yakni sama loh. Tetapi alasannya adalah karena saya berhasil unlock password file PDF dengan situs ini, maka akan aku jelaskan berdasarkan pengalaman dari situs ini.

1. Untuk awalnya terang kamu persiapkan file PDF yang hendak kamu buka passwordnya ya sahabat , mampu dari hasil download sendiri atau tunjangan temanmu.

2. Selanjutnya kau mampu membuka situs unlock-pdf.com, dan tunggu hingga situs benar-benar terbuka.

3. Lalu arahkan kursor atau pencet tombol “Pilih File” pada sebelah tulisan step 1.

 Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC
Pilih File

4. Selanjutnya maka kamu akan diarahkan kedalam folder dimana kamu harus mencari file PDF tadi yang hendak kamu unlock passwordnya. Jika sudah klik file tersebut dan baiklah saja.

 Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC
Masukkan file 

5. Selanjutnya klik ‘Unlock File!” tunggu proses upload fie final sampai 100%, atau kafetaria warna hijau full, sesudah proses akhir maka akan otomatis terdownload sendiri file PDF yang sudah tanpa password tersebut.

 Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android Cara Membuka PDF yang Terkunci Password di Android, Laptop & PC
Unlock file


Waaaaalaa maka lega hatimu sebab sudah bisa leluasa membuka file PDF tadi baik untuk mengerjakan peran kuliah, mencar ilmu soal psikotes atau bahkan mencar ilmu soal-soal SKD dan SKB CPNS loh.

Akhir Kata

Nah maka kini kau sudah bisakan membuka file PDF yang terkunci atau terpassword? Dengan cara diatas kau juga tidak perlu mendownload aplikasi lagi yang kemungkinan akan memperberat kinerja ponsel androidmu, laptopmu atau juga PCmu.

Sekian dulu tulisan cara membuka password file PDF dari ponsel android, laptop dan PC, mas Hakim pamit, agar bermanfaat! Jangan lupa share tulisan ini dan tulis komentarmu dikolom komentar yak.

Penulis @hakimlfc13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel