Pengertian, Fungsi, Dan Jenis Perangkat Lunak (Software)



PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) SISTEM KOMPUTER

A.    Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer
Perangkat lunak yaitu istilah khusus untuk datayang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk acara komputer, dokumentasinya, dan banyak sekali informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras komputer.
Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi instruksi yang mampu dikenali oleh mesin hardware.


Fungsi Perangkat Lunak (Software)
Sebagai perangkat untuk memudahkan pemakai untuk melakukan perintah pada komputer guna melaksanakan tugas untuk mengolah berbagai keperluan berupa pengolah kata, data, angka, pemograman, pemutaran audio dan video, sistem operasi dan lain sebagainya untuk menghasilkan suatu produk baik secara output maupun dalam bentuk file.


B.     Jenis Perangkat Lunak
1.      Sistem Operasi
2.      Perangkat Lunak Bahasa
3.      Program Aplikasi
Perangkat lunak secara umum mampu di bagi 2 yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi. Perangkat lunak sistem dapat di bagi lagi menjadi 3 macam yaitu :

Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)
C.O.B.O.L
1. Bahasa pemrograman : merupakan perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, teladan bahasa pemrograman di antaranya : BASIC, COBOL, Pascal, C++, FORTRAN.





 
 






2. Sistem Operasi 
Windows 95
saat komputer pertama kali di hidupkan, sistem operasilah yang pertama kali di jalankan, sistem operasi yang mengatur seluruh proses, menterjemahkan masukan, mengatur proses internal, memanejemen penggunaan memori dan menawarkan keluaran ke peralatan yang bersesuaian, teladan sistem operasi : DOS, Unix, Windows 95, Windows 2000, Windows 2003, Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows Vista, IMB OS/2.
 
Norton Utility
3. Utility : sistem operasi merupakan perangkat lunak sistem dengan fungsi tertentu, misalnya pemeriksaan perangkat keras (hardware troubleshooting), menyelidiki disket yang rusak bukan rusak fisik), mengatur ulang isi harddisk (partisi, defrag), acuan Utilty ialah Norton Utility.
  





C.    Sistem Operasi
Sistem Operasi ialah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan administrasi perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi mirip program-acara pengolah kata dan browser web. Sistem Operasi merupakan sisitem operasi pada lappisan pertamayan di tempatkan pada memori komputer pada ketika komputer dinyalakan. Sedangkan sofware lainnya dijalankan setelah sistem  Operasi berjalan. Untuk mengendalikan Program Kerja Komputer secara fundamental seperti :
  • Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)Mengatur Media Input
    Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)
    Tampilan Windows 8
  • Proses
  • Output
  • Mengatur Memory
  • Penjadwalan Proses 
Sistem Operasi diantaranya:
  1. PC DOS
  2. MS DOS
  3. MICROSOFT WINDOWS
  4. LINUX
  5. UNIX
  6. MACINTOSH

  7. FREE BSD

D.    Perangkat Lunak Bahasa
Program yang digunakan untuk menerjemahkan arahan-arahan yang ditulis dalam bahasa mesin semoga dapat diterima dan dimengerti oleh komputer.
1) MACAM PERANGKAT LUNAK BAHASA
  • Bahasa Tingkat Rendah
  • Bahasa Tingkat Menengah
  • Bahasa Tingkat Tinggi
Merupakan Bahasa Komputer yang sudah dibuat dan dikembangkan dengan memakai bahasa sehari-hari seperti :
  • Basic
  • Cobol
  • Pascal

E.     Program Aplikasi (Aplication Program)
Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)Merupakan suatu program paket yang telah dirancang dan dibentuk khusus untuk kebutuhan tertentu.
Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)
Tampilan Microsoft Word 2003
  1. Word Processing (Pengolah Kata)
  2. Program Database
  3. Program Spreadsheet
  4. Program CAD (Computer Aided Design)
  5. Program Layout Artikel (Publisher)
  6. Aplikasi multimedia

 
 
F.     Word Processing
Merupakan salah satu program aplikasi dimana dalam pengoperasiannya memakai text (Text Based)
  1. Wordstar Profesional
  2. Word Perfect
  3. Chiwriter
  4. Microsoft Word
  5. Word Star
 G.    Program Database
Merupakan salah satu acara aplikasi yang berfungsi untuk merancang atau membuat serta mengelola DATABASE, diantaranya: 
Ms. Access
  1. Ms.Acces
  2. SQL Server
  3. MySql
  4. Oracle
 H.  Program SpreadSheet
Merupakan salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis.
  1. Lotus 123
  2. Ms.Excel
  3. Quatro
  4. Supercheck
Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)
Ms.Excel 2003















I.       Program CAD (Computer Aided Design)
Merupakan Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk media lukis (Alat lukis)
  1. Auto Cad
  2. Pro Design
  3. Corel Draw
  4. Adobe Photoshop
J.      Program Layout Artikel
Tampilan Page Maker
Pengertian Perangkat Lunak Sistem Komputer Pengertian, Fungsi,  dan Jenis Perangkat Lunak (Software)Merupakan salah satu acara aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik.
  1. Page Maker
  2. Ventura
  3. Harvard Publisher
  4. Newmaster






K.    Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan bermacam-macam. Di katakan multimedia kerana selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses / menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, bunyi dan film.
Aplikasi multimedia sangat berkaitan dengan format data yang dipakai. Aplikasi Multimedia umumnya dipisahkan lagi menjadi aplikasi yang dipakai untuk membuat, yang hanya dipakai untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

Format-format digital multimedia di antaranya:
  • MP3, format bunyi yang populer ketika ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk bunyi penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan  erbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik yakni standar CDROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah yakni kualitas mirip telepon (5 KHz, 8 bit, mono).
  • MPEG (Moving Picture Experts Group), merupakan format yang di susun oleh jago dari aneka macam penjuru dunia untuk format multimedia.
  • AVI (Audio Video Interleave), format AVI di buat oleh Microsoft dan gampang di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya mirip Word atau PowerPoint
  • MPEG-4sub-bagian 14 atau lebih dikenal sebagai MP4 ialah salah satu format berkas pengodean bunyi dan gambar/video digital yang dikeluarkan oleh sebuah organisasi MPEG. Ekstensi nama berkas jenis MPEG-4ini banyak menggunakan .mp4, dan merupakan pengembangan dari format QuickTime dari komputer Apple.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel