Bahaya Memakai Headset/Earphone Bagi Pendengaran Dan Otak

Telinga alat telinga merupakan sebuah karunia Tuhan yang maha esa yang berfungsi untuk memudahkan kita untuk menangkap berita, bunyi atau suara.yang didengar telinga dan di sambungkan ke otak, menjadi sebuah info.
Headset merupakan sebuah alat yang biasanya ada pada handphone, smartphone, ipad, dsb berguna untuk membuat suara yang di dengar lebih jernih dan terperinci alasannya sumber suara langsung keluar dari magnet headset.
Namun tahukah anda ternyata memakai headset juga memiliki resiko yang mampu membahayakan kesehatan badan khususnya pada bab otak, dan mata, berikut ialah keteranganya:
Telinga alat indera pendengaran merupakan sebuah karunia Tuhan yang maha esa yang berfungs Bahaya Menggunakan Headset/earphone Bagi Telinga dan Otak
Gambar 1.1 Bahaya memakai headset belebihan
1. Kerusakan pada Otak
Gelombang elektromagnetik balasan earphone atau headset ini diduga berpengaruh terhadap otak. Namun, hingga dikala ini belum diketahui seberapa besar imbas dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Menggunakan headset secara berlebihan tentu akan meningkatkan resiko semakin besarnya radiasi gelombang elektromagnetik yang di rasakan otak. Pernahkah anda merasakan sakit kepala saat mendengar musik atau menelpon, kemungkinan itu yaitu salah satu gejala otak terkena radiasi elektromagnetik dari smartphone atau handphone.
2. Bermasalah pada Pendengaran
Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya imbas akan mulai terasa di usia 20-an. Di usia itu, si penderita akan mulai kehilangan pendengarannya. Seperti indera pendengaran yang kurang jelas sampai tidak jelas, tidak dapat mendengar dengan jarak erat secara jelas.

3. Masalah pada Otak
Otak selalu bekerja di dikala kita melakukan acara sehari-hari, disaaat tidurpun otak masih tetap bekerja namun pekerjaannya tidak seberat ketika kita beraktivitas. Menggunakan headset dikala tidur merupakan sebuah kebiasaan yang tidak baik, alasannya adalah walaupun kita tertidur hingga pulas, namun otak masih bekerja mendengar musik dan mengolah gosip dari musik yang di dengarkan jadi badan kita yang tidur namun otak tidak.
 
4. Infeksi Telinga
Telinga dapat terinfeksi karena bakteri dan basil yang melekat pada headset. Bila anda juga pernah meminjamkan atau pernah miminta sahabat anda mendengarkan lagu dengan headset itu akan menambah resiko nanah pendengaran alasannya adalah penyebaran bakteri dari orang lain eksklusif masuk ke telinga anda. Biasanya kita memasukkan headset atau earphone ke telinga secara dalam dengan tujuan supaya mendapat suara terbaik, namun itu malah akan menciptakan resiko telinga akan cepat mengalami problem alasannya adalah indera pendengaran tidak menerima terusan udara, dan menjadikan pendengaran berdengung.

5. Resiko Kecelakaan
Menggunakan headset di jalan raya tidak dianjurkan kecuali dikala keadaan penting, memakai headset saat mengendarai motor atau mobil menambah resiko kecelakaan, indera pendengaran tidak dapat mendengar dengan terang klakson kendaraan beroda empat yang akan berhenti atau ingin memotong jalan, serta otak tidak dapat berkonsentrasi maksimal alasannya fokus terbagi ketika mengendarai kendaaraan dan mendengar suara atau bunyi dari handphone atau smartphone.

Tips Menggunakan Headset atau Earphone
  1. Hindarkan mendengarkan lagu dengan headset dengan volume suara yang keras sebab dapat mengakibatkan indera pendengaran dan otak terganggu.
  2. Hindari bergantian earphone atau headset dengan orang lain.
  3. Jangan mendengarkan suara atau musik dengan headset melebihi 90desibel alasannya adalah dapat menambah resiko sakit pendengaran.
  4. Bersihkan headset setiap dirasa headset sudah kotor, minimal 2 x sehari.
  5. Jangan memakai headset/earphone ketika mengendari motor atau mobil alasannya adalah mampu bersiko kecelakaan di jalan raya.
  6. Bersihkan telinga minimal 1 x sehari.
 Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:
Bahaya Menggunakan Celana Ketat Bagi Pria dan Wanita
Cara Mudah Memelihara Ikan Cupang Untuk Pemula
Cara Mudah Mendownload Film atau Lagu di Youtube
Ini Dia 4 Film Bioskop Internasional yang Akan Tayang Tahun 2016
Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Tas Salempang dan Tas Punggung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel