10 Soal Latihan Tes Wawasan Kebangsaan - Twk Skd Cpns Hots (Update 2019) Part 31

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - 10 Soal Latihan Tes Wawasan Kebangsaan - TWK SKD CPNS HOTS (Update 2019) Part 27, Soal CPNS Gratis.

Hallo selamat pagi sobat , nah sesudah kemarin-kemarin mas Hakim telah berbagai membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.



kemarin mas Hakim telah banyak sekali membagikan file soal 10 Soal Latihan Tes Wawasan Kebangsaan - TWK SKD CPNS HOTS (Update 2019) Part 31
Soal TWK HOTS

Nah kini mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, agar yang males buat ngeunduh file mampu eksklusif membaca dan belajar lewat blog ini ketika itu juga.

Nah untuk soal akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula. Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.

Untuk soal TWK Hots silahkan baca dibawah ini

1. Berikut ini pihak yang terlibat dalam pemilihan, pertimbangan, serta legalisasi anggota BPK, yaitu…

a. Presiden, Wapres, DPR
b. MPR, DPD, Presiden
c. MA, MK, Presiden
d. DPR, DPD, MPR
e. dewan perwakilan rakyat, DPD, Presiden

Pembahasan
BPK dipilih oleh dewan perwakilan rakyat atas pertimbangan DPD dan dilantik oleh presiden.
(E)

2. Lembaga Negara yang membawahi tubuh-badan peradilan dalam lingkungan Peradilan Umum, lingkungan Peradilan Agama, lingkungan Peradilan militer dan lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara (PTUN) yaitu…

a. MahkamahAgung
b. KomisiYudisial
c. MahkamahKonstitusi
d. DPR
e. MPR

Pembahasan
Tingkat peradilan tertinggi yang mampu membawahi peradilan umum maupun peradilan khusus adalah Mahkamah Agung.
(A)

3. Referendum yang harus terlebih dahulu menerima persetujuan eksklusif dari rakyat sebelum UU tertentu diberlakukan merupakan …

a. Referendum Obligatoir
b. Referendum Fakultatif
c. Referendum Konsultatif
d. Referendum Terpusat
e. Referendum Kerakyatan

Pembahasan
Referendum obligator (referendum wajib) ialah pemungutan bunyi rakyat yang wajib dilaksanakan untuk menentukan berlakunya suatu undang-undang dasar negara. Misal-nya, referendum mengadakan perubah-an UUD, Makara, suatu undang-undang berlaku bila sudah mendapat persetujuan dari rakyat
(A)

4. Bhinneka Tunggal Ika telah dirumuskan sebagai semboyan NKRI. Dalam hal ini ke-tunggal-ika-an yang dimaksud mampu pula berarti…

a. Realitassosial
b. Cita-citakebangsaan
c. Jembatanemas
d. Merdeka
e. Berdaulat

Pembahasan
Ke-tunggal-ika-an berarti sebuah cita – cita kebangsaan.
(B)

5. Pemilihan senat untuk mewakili negara bab di Amerika Serikat dilaksanakan setiap … tahun sekali.

a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6

Pembahasan
Setiap empat tahun, warga Amerika memilih seorang presiden dan wakilnya. Sedangkan setiap dua tahun, warga Amerika memilih ke 435 anggota DPR AS dan kira-kira sepertiga dari 100 anggota Senat Amerika Serikat. Masa bakti setiap senator enam tahun.
(E)

6. Lembaga negara yang yang berwenang menetapkan masalah terkait dengan perselisihan hasil pemilu adalah …

a. Komisi Yudisial
b. Presiden
c. DPR
d. Mahkamah Agung
e. Mahkamah Konstitusi

Pembahasan
Sejak berlakunya UU No. 12/2008, maka sengketa hasil pemilukada ditangani oleh Mahkamah Konstitusi (“MK”). Hal ini menurut ketentuan Pasal 236C UU No. 12/2008 yang berbunyi: “Penanganan sengketa hasil penghitungan bunyi pemilihan kepala daerah dan wakil kepala tempat oleh Mahkamah Agung dialihkan kepada Mahkamah Konstitusi paling lama 18 (delapan belas) bulan semenjak Undang-Undang ini diundangkan.” Wewenang MK untuk menangani sengketa hasil pemilukada juga diatur dalam Pasal 29 ayat (1) abjad e(“UU 48/2009”) yang berbunyi: “Mahkamah Konstitusi berwenang mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat simpulan untuk kewenangan lain yang diberikan oleh undang-undang.”
(E)

7. Di negara Perancis, senat merupakan perwakilan dari teritori, daerah, dan wilayah administratif dengan abad jabatan … tahun.

a. 5
b. 6
c. 7
d. 8
e. 9

Pembahasan
Hingga September 2004, Senat Perancis terdiri atas 321 senator yang terpilih untuk era jabatan 9 tahun. Setelah kala ini, masa jabatannya dikurangi menjadi 6 tahun, sementara jumlah senatornya akan ditambahkan menjadi 346 pada 2010 untuk mencerminkan perubahan-perubahan dalam demografi Perancis. Saat ini para Senator Perancis dipilih sepertiganya setiap tiga tahun, namun hal ini juga akan diubah menjadi setengah setiap tiga tahun.
(E)

8. Suatu sistem pemerintahan dimana lembaga direktur (pemerintah) dan legislatif (badan legislatif) memiliki kedudukan yang sama dan saling melakukan kontrol (checks and balances) disebut sistem pemerintahan …

a. Monarki
b. Aristokrasi
c. Referendum
d. Parlementer
e. Presidensial

Pembahasan
Dalam sistem pemerintahan presidensial, kedudukan eksekutif tak bertanggung jawab pada dewan legislatif atau badan perwakilan rakyat. Adapun dasar aturan dari kekuasaan eksekutif dikembalikan kepada pemilihan rakyat. Sebagai kepala direktur, seorang presiden menunjuk pembantu-pembantunya ialah para menteri untuk memimpin departemennya masing-masing dan mereka hanya bertanggung jawab kepada presiden. Negara yang populer penganut sistem ini ialah Amerika Serikat yakni yang mempertahankan anutan Montesquieu, di mana kedudukan tiga kekuasaan yakni legislatif, eksekutif dan yudikatif yang terpisah satu sama lain secara tajam dan saling menguji serta saling mengadakan perimbangan ( check and balance ).
(E)

9. Berikut ini yang merupakan salah satu ciri aturan pidana adalah …

a. Korban sebagai penggugat
b. Tersangka sebagai tergugat
c. Mengatur problem keluarga
d. Proses pengadilan sehabis ada laporan pihak korban
e. Mengatur hal-hal yang berupa pelanggaran dan kejahatan

Pembahasan
Ciri-ciri aturan pidana antara lain:
  • Mengatur kekerabatan antar anggota masyarakat dengan negara.
  • Mengatur hal-hal yang berupa pelanggaran dan kejahatan.
  • Meski tanpa pengaduan korban akan tetap diambil tindakan oleh pengadilan.
  • Pihak yang dirugikan cukup melapor kepada yang berwajib (polisi) dan akan menjadi saksi.
  • Penggugat adalah penuntut umum.
(E)

10. Berikut ini pihak yang terlibat dalam pemilihan, pertimbangan, serta legalisasi anggota BPK, yaitu…

a. Presiden, Wakil Presiden, dewan perwakilan rakyat
b. MPR, DPD, Presiden
c. MA, MK, Presiden
d. DPR, DPD, MPR
e. DPR, DPD, Presiden

Pembahasan
BPK dipilih oleh DPR atas pertimbangan DPD dan dilantik oleh presiden.
(E)

Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) kawan.

Nah itulah 10 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar semoga blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel