13 Soal Tkp Hots Cpns Yang Sering Muncul Part 8 Lengkap Pembahasan - Update 2019

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - 13 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi - TKP SKD CPNS HOTS yang Sering Muncul (Update 2019) Part 8, Soal CPNS Gratis Full Pembahasan.

Hallo selamat pagi sobat , nah sesudah kemarin-kemarin mas Hakim telah berbagai membagikan file soal-soal CPNS, baik itu file soal SKD dan SKB atau bahkan dalam bentuk ebook CPNS ratusan lembar.

 Soal Latihan Tes Karakteristik Pribadi  13 Soal TKP HOTS CPNS yang Sering Muncul Part 8 Lengkap Pembahasan - Update 2019
TKP CPNS

Nah sekarang mas Hakim akan membagikan soal-soal yang lansgung ada pada blog ini, agar yang males buat ngeunduh file bisa pribadi membaca dan berguru lewat blog ini saat itu juga.

Nah untuk soal TKP yangs sering muncul akan mas Hakim bagikan disetiap konten berjumlah 10 dan disertai pembahasannya pula.

Bagi yang merasa berminat jangan lupa gabung di grup fb kami (LINK GRUP) dan juga ikuti kami ditwitter (LINK TWITTER), lalu yang terpenting BERLANGGANG BLOG (KLIK BERLANGGANG) ini juga yah.

Untuk soal TKP Hots silahkan baca dibawah ini


1. Hampir semua pegawai di kantor instansi aku meminta uang tanda terimakasih atas pengurusan surat ijin tertentu. Namun berdasarkan peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka aku …..

A. Ikut melakukannya sebab bagaimanapun juga mitra-mitra kantor juga melakukannya
B. Melakukannya hanya kalau terpaksa membutuhkan uang embel-embel untuk keperluan keluarga, alasannya gaji kantor memang kecil
C. Terkadang saja melaksanakan hal tersebut
D. Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
E. Tidak ingin melakukannya sama sekali.
Pembahasan A. Ikut melakukannya alasannya bagaimanapun juga mitra-kawan kantor juga melakukannya (skor 1) B. Melakukannya hanya jikalau terpaksa membutuhkan uang aksesori untuk keperluan keluarga, karena gaji kantor memang kecil (skor 2) C. Terkadang saja melaksanakan hal tersebut (skor 3) D. Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya (skor 4) E. Tidak ingin melakukannya sama sekali. (skor 5)

2. Anda yaitu seorang karyawan apotek. Seorang pembeli ingin membeli obatobatan tertentu yang harus memakai resep dokter karena mampu membahayakan kesehatan. Dia tidak mempunyai resep itu. Namun pembeli tersebut memaksa ingin membelinya dan dia menunjukkan sejumlah uang kepada Anda agar mau menunjukkan obat tersebut. Apa yang Anda lakukan ?

A. Saya memperlihatkan obat tersebut kepadanya, toh tak ada yang tahu
B. Saya ragu-ragu keputusan apa yang aku ambil
C. Saya berkonsultasi kepada rekan sejawat dulu
D. Saya menolaknya dengan mantap
E. Saya menerima uang tersebut dan memperlihatkan obatnya
Pembahasan A. Saya memperlihatkan obat tersebut kepadanya, toh tak ada yang tahu (skor 1) B. Saya ragu-ragu keputusan apa yang aku ambil (skor 3) C. Saya berkonsultasi kepada rekan sejawat dulu (skor 4) D. Saya menolaknya dengan mantap (skor 5) E. Saya mendapatkan uang tersebut dan menunjukkan obatnya (skor 2)

3. Atasan Anda melakukan rekayasa laporan keuangan kantor, maka Anda

A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut
B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun
C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang
D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut
E. Hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia
Pembahasan A. Dalam hati tidak menyetujui hal tersebut (skor 3) B. Hal tersebut sering terjadi di kantor manapun (skor 1) C. Mengingatkan dan melaporkan kepada yang berwenang (skor 4) D. Tidak ingin terlibat dalam proses rekayasa tersebut (skor 5) E. Hal semacam itu memang sudah menjadi tradisi yang tidak baik di Indonesia (skor 2)

4. Andi, sahabat karib Anda, melaksanakan kecurangan absensi. Maka Anda

A. Mentoleransi karena baru kali ini Andi melakukannya
B. Rekan kerja yang lain juga melakukannya, jadi tidaklah mengapa
C. Mengingatkan dan menegur
D. Menegur dan melaporkan apa adanya kepada atasan
E. Menanyakan kepadanya mengapa dia melaksanakan hal tersebut
Pembahasan A. Mentoleransi alasannya gres kali ini Andi melakukannya (skor 1) B. Rekan kerja yang lain juga melakukannya, jadi tidaklah mengapa (skor 2) C. Mengingatkan dan menegur dengan baik dan member teladan dating tidak terlambat (skor 5) D. Menegur dan melaporkan apa adanya kepada atasan (skor 4) E. Menanyakan kepadanya mengapa beliau melaksanakan hal tersebut (skor 3)

5. Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi notulen dalam Rapat Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan. Respon aku ialah …

A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat.
B. Dengan gembira aku akan menceritakan kepada rekan sejawat saya hasil keputusan rapat
C. Memberitahukan anggota keluarga wacana hasil keputusan rapat
D. Memberitahu teman aku di kantor perihal hasil keputusan rapat
E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat alasannya adalah bukan wewenang saya
Pembahasan A. Berusaha menghindari rekan yang membujuk untuk mengetahui hasil keputusan rapat. (skor 4) B. Dengan besar hati saya akan menceritakan kepada rekan sejawat aku hasil keputusan rapat (skor 1) C. Memberitahukan anggota keluarga ihwal hasil keputusan rapat (skor 3) D. Memberitahu teman saya di kantor ihwal hasil keputusan rapat (skor 2) E. Tidak akan membocorkan hasil keputusan rapat alasannya adalah bukan wewenang aku (skor 5)

6. Perusahaan kawasan saya bekerja sedang mengalami kesulitan keuangan. Pendapat saya terhadap kondisi ini ialah ….

A. Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan sebab aku merasa cocok dengan pekerjaan ini.
B. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan.
C. Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi problem ini.
D. Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja diperusahaan dikala ini.
E. Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum mempunyai pekerjaan lain.
Pembahasan A. Saya tidak merasa khawatir dan saya tidak akan pindah perusahaan alasannya aku merasa cocok dengan pekerjaan ini. (skor 5) B. Setiap perusahaan pasti pernah mengalami kesulitan keuangan. (skor 4) C. Perusahaan harus segera bertindak untuk mengatasi dilema ini. (skor 3) D. Saya mulai mencari pekerjaan lain sembari tetap bekerja diperusahaan ketika ini. (skor 2) E. Saya tidak berpikir dua kali untuk segera keluar dari perusahaan tersebut walaupun belum memiliki pekerjaan lain. (skor 1)

7. Bagi aku, kegagalan yakni

A. isyarat tegas bahwa kita harus berhenti
B. Justeru meningkatkan ketangguhan aku untuk mencoba lagi dengan lebih baik
C. Sering menjatuhkan mental aku
D. Saya upayakan untuk tidak mengurangi semangat saya
E. Mungkin ada unsur kekeliruan dari anggota tim aku
Pembahasan A. isyarat tegas bahwa kita harus berhenti (skor 2) B. Justeru meningkatkan ketangguhan aku untuk mencoba lagi dengan lebih baik (skor 5) C. Sering menjatuhkan mental saya (skor 1) D. Saya upayakan untuk tidak mengurangi semangat saya (skor 4) E. Mungkin ada unsur kekeliruan dari anggota tim aku (skor 3)

8. Menurut aku, para pemimpin besar dunia itu

A. Mereka memang sudah ditakdirkan menjadi pemimpin besar
B. Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses
C. Mereka mendapatkan kesempatan dan akomodasi sehingga mampu sukses
D. Mereka ialah langsung yang langka
E. Mereka sangat beruntung mampu sukses dan menjadi pemimpin besar
Pembahasan A. Mereka memang sudah ditakdirkan menjadi pemimpin besar (skor 1) B. Mereka berusaha keras dalam hidupnya untuk sukses (skor 5) C. Mereka menerima kesempatan dan fasilitas sehingga mampu sukses (skor 2) D. Mereka ialah eksklusif yang langka (skor 4) E. Mereka sangat beruntung mampu sukses dan menjadi pemimpin besar (skor 3)

9. Pada waktu bangkit tidur aku sering merasa

A. Tugas-peran yang begitu banyak telah menanti aku
B. Bersemangat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari
C. Pusing-pusing memikirkan suasana kantor yang kurang nyaman
D. Khawatir atasan akan murka lagi hari ini
E. Berharap supaya hari ini hari baik saya
Pembahasan A. Tugas-tugas yang begitu banyak telah menanti saya (skor 3) B. Bersemangat untuk melaksanakan aktifitas sehari-hari (skor 5) C. Pusing-pusing memikirkan suasana kantor yang kurang nyaman (skor 1) D. Khawatir atasan akan marah lagi hari ini (skor 2) E. Berharap supaya hari ini hari baik saya (skor 4)

10. Saya akan turut menawarkan bantuan terhadap pembangunan nusa dan bangsa lndonesia

A. Jika aku berkarya sebagai Pegawai Negeri Sipil
B. Dimanapun saya berkarya, aku akan turut memberikan bantuan terhadap pembangunan bangsa
C. Ketika saya menjadi seorang birokrat tingkat atas
D. Ketika saya menjabat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, baik tingkat pusat maupun tempat
E. Dimanapun saya berkarya, aku akan turut memberikan donasi terhadap pembangunan bangsa dengan syarat didukung oleh pemerintah
Pembahasan A. Jika saya berkarya sebagai Pegawai Negeri Sipil (skor 4) B. Dimanapun saya berkarya, aku akan turut menunjukkan kontribusi terhadap pembangunan bangsa (skor 5) C. Ketika saya menjadi seorang birokrat tingkat atas (skor 2) D. Ketika saya menjabat menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, baik tingkat sentra maupun daerah (skor 1) E. Dimanapun saya berkarya, aku akan turut memperlihatkan bantuan terhadap pembangunan bangsa dengan syarat didukung oleh pemerintah (skor 3)

11. Setelah mendapat penghargaan sebagai pegawai paling berprestasi tahun ini, aku

A. Puas dengan penghargaan tersebut
B. Merasa tidak percaya jika saya menerima penghargaan tersebut
C. Memberitahukan kepada seluruh keluarga info bahagia ini
D. Saya bertanya-tanya mungkinkah tahun depan akan mendapatkannya lagi?
E. Saya bahagia dan berupaya untuk lebih berprestasi lagi
Pembahasan A. Puas dengan penghargaan tersebut (skor 2) B. Merasa tidak percaya kalau saya menerima penghargaan tersebut (skor 1) C. Memberitahukan kepada seluruh keluarga informasi senang ini (skor 3) D. Saya bertanya-tanya mungkinkah tahun depan akan mendapatkannya lagi? (skor 4) E. Saya bahagia dan berupaya untuk lebih berprestasi lagi (skor 5)

12. Instansi kantor Anda mengadakan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi peningkatan kemampuan Anda, namun pelatihan tersebut diadakan pada hari Sabtu dan Minggu.

A. Lebih baik aku mengikuti pelatihan yang diadakan bukan pada hari libur
B. Hari libur Sabtu dan Minggu yaitu hak pegawai untuk libur dari urusan pekerjaan dan yang berhubungan dengannya
C. Saya bersedia mengorbankan dua hari libur tersebut untuk mengikuti pembinaan
D. Saya bersedia mengikuti training namun hanya hari Sabtu saja
E. Saya menyarankan pegawai lain yang masih lajang saja untuk mengikuti pembinaan tersebut
Pembahasan A. Lebih baik saya mengikuti pembinaan yang diadakan bukan pada hari libur (skor 2) B. Hari libur Sabtu dan Minggu adalah hak pegawai untuk libur dari urusan pekerjaan dan yang bekerjasama dengannya (skor 1) C. Saya bersedia mengorbankan dua hari libur tersebut untuk mengikuti pelatihan (skor 5) D. Saya bersedia mengikuti pelatihan namun hanya hari Sabtu saja (skor 4) E. Saya menyarankan pegawai lain yang masih lajang saja untuk mengikuti pembinaan tersebut (skor 3)

13. Tim bola voli unit kami diperkirakan akan kalah melawan tim bola voli unit lain dalam instansi kami. Sikap aku dalam pertandingan ialah :

A. Lebih baik diam sebab sadar akan kekuatan tim kami
B. Berusaha bersembunyi agar tidak diketahui bahwa aku yaitu pendukung tim lemah
C. Tetap menawarkan dukungan dengan penuh semangat
D. Jika tim kami kalah tidaklah mengapa, toh sudah diperkirakan demikian
E. Memberikan pemberian sebab malu dianggap tidak setia kawan
Pembahasan A. Lebih baik membisu karena sadar akan kekuatan tim kami (skor 2) B. Berusaha bersembunyi supaya tidak diketahui bahwa saya ialah pendukung tim lemah (skor 1) C. Tetap memberikan sumbangan dengan penuh semangat (skor 5) D. Jika tim kami kalah tidaklah mengapa, toh sudah diperkirakan demikian (skor 4) E. Memberikan tunjangan alasannya adalah aib dianggap tidak setia mitra (skor 3)

Bagi yang mencari file soal-soal bentuk PDF bisa kesini (Ebook Gratis) mitra.

Nah itulah 13 soal TWK CPNS HOTS, nanti mas Hakim akan membagikan soal-soal lainnya tentunya di part selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu share, like dan komentar biar blog mas Hakim ini terus berkembang, mari buat blog ini senantiasa bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel