Link Soal Tkp Hots Lengkap Beserta Pembahasan

Malam semua sahabat blog, nah kali ini mas Hakim akan membagikan beberapa link soal TKP HOTS yang tentu sangat bermanfaat bagi pelamar CPNS 2019.

 Link Soal TKP HOTS Lengkap Beserta Pembahasan Link Soal TKP HOTS Lengkap Beserta Pembahasan
TKP CPNS

Perlu diketahui registrasi CPNS akan kembali dibuka bulan ini. Tentu ada banyak akseptor seleksi CPNS yang nggak bisa lolos. Kebanyakan dari mereka sering gagal di Tes Karakteristik Kepribadian (TKP).

Memang, tes ini sudah jadi momok semenjak dua tahun terakhir, seperti diungkapkan Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, dalam Detikdotcom. Banyak akseptor yang belum mampu mencapai passing grade yang ditentukan dalam tes.

Jangan lupa untuk memfollow/mengikuti blog ini dengan cara KLIK LINK untuk senantiasa mendapatkan info terupdate. Jika kau berniat ingin mengikuti seleksi CPNS bulan ini, coba pelajari dulu kisi-kisi soal TKP yang sebelumnya banyak dimuat. Bisa nih jadi bekal buat tes TKP nanti.

1. Dalam soal yang menyinggung ihwal integritas diri, kau diminta untuk mampu mengambarkan sikap yang sesuai antara perkataan dan tindakan. Kamu akan dianggap gagal jika visimu nggak sesuai dengan apa yang dilakukan

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Hampir semua pegawai di kantor instansi saya meminta uang tanda terima kasih atas pengurusan surat izin tertentu. Namun menurut peraturan kantor, hal itu tidaklah diperbolehkan, maka saya…
  • Ikut melakukannya alasannya adalah bagaimana pun juga mitra-kawan kantor juga melakukannya
  • Melakukannya hanya jika terpaksa membutuhkan uang suplemen untuk keperluan keluarga, alasannya adalah gaji kantor memang kecil
  • Terkadang saja melaksanakan hal tersebut
  • Berusaha semampunya untuk tidak melakukannya
  • Tidak ingin melakukannya sama sekali

2. Mengenai semangat berpretasi, tes ini akan mengukur kemampuan diri seseorang dalam menorehkan prestasi; apakah ia memiliki sebuah prestasi yang membanggakan atau lurus-lurus saja

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Ketika gagal mencapai sesuatu yang saya inginkan, aku…
  • Mencari dengan saksama siapa yang turut bertanggung jawab terhadap kegagalan aku tersebut
  • Mengambil waktu untuk menenangkan diri
  • Bersedih hati
  • Melakukan introspeksi dan memperbaiki upaya
  • Meminta bantuan kepada lebih banyak orang

3. Dalam test TKP ini pun, pemerintah turut mencari seseorang yang mempunyai kreativitas tinggi biar mampu memperlihatkan penemuan baru dalam lingkungan kerja

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Saya mengajukan suatu tawaran kepada atasan aku, namun anjuran tersebut menurut atasan aku kurang tepat. Sikap aku ialah…
  • Merasa sangat kecewa
  • Mencari alternatif usulan lain yang lebih tepat
  • Kecewa, namun berusaha melupakan hal tersebut
  • Saya bersikeras mencari upaya pembenaran terhadap anjuran tersebut supaya ia mau menerimanya
  • Ditolak bukanlah sesuatu yang baru bagi saya

4. Kelak kalau diterima menjadi PNS, kau diminta memiliki sikap melayani yang tanpa pamrih. Untuk itu pemerintah menciptakan soal mengenai orientasi dan pelayanan

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Orang renta saya sakit keras, akan tetapi di kantor pekerjaan tidak bisa ditinggalkan. Sifat aku ialah…
  • Tidak masuk kerja dan memperlihatkan surat izin
  • Bekerja ke kantor mirip biasa dan menghubungi orang renta setiap waktu dari tempat kerja
  • Berusaha membereskan pekerjaan dan meminta izin kepada atasan bila memang itu dibutuhkan
  • Mengurus orang bau tanah dan mengirimkan surat sakit dari dokter
  • Datang ke kantor agak siangan dan menjelaskannya kepada atasan bahwa orang bau tanah sakit

5. Pemerintah juga membuat soal mengenai orientasi kepada orang lain untuk mengetahui seberapa mampu kamu mengedepankan kepentingan masyarakat di atas kepentingan golongan


Contoh soal: unduh versi file pdf 
Saya terkadang benci kepada atasan saya kalau memperlihatkan peran di luar kemampuan aku. Maka sifat saya…
  • Mencoba memahami peran yang diberikan
  • Membentak atasan saya dan berkata “keterlaluan”
  • Menjelaskan kepada atasan untuk meminta peran yang lain
  • Bertanya kepada rekan wacana tugas yang tidak saya mengerti dari atasan
  • Memberikan arahan kepada atasan biar selalu memahami kemampuan karyawan

6. Kemampuan menyesuaikan diri dalam TKP menekankan pada poin penilaian bahwa seorang abdi negara harus mampu segera menyesuaikan diri dengan lingkungan, bagaimana pun kondisinya

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Di lingkungan kerja yang gres…
  • Saya perlu waktu untuk mengenal rekan-rekan kerja yang baru
  • Saya menunggu rekan kerja yang ingin berkenalan
  • Saya pribadi bisa akrab dengan rekan kerja baru saya
  • Jika saya membutuhkan pinjaman baru aku akan berkenalan
  • Jika ada yang ingin berkenalan tentunya aku senang sekali

7. Soal yang fokus terhadap kemampuan mengendalikan diri akan mengukur kekuatanmu dalam mengendalikan dirimu sendiri. Misalnya, bagaimana sikapmu kalau sedang dimarahi atasan

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Jika hal-hal kecil merusak rencana besar saya, maka…
  • Saya sangat sedih dan marah kenapa hal kecil mampu merusak rencana besar tersebut
  • Tentu saja aku marah
  • Saya melaksanakan penilaian menyeluruh
  • Saya butuh waktu menenangkan diri
  • Saya murka kepada pihak lain yang juga ikut bertanggung jawab akan hal ini

8. Terdapat soal yang digunakan untuk mengetahui kemampuanmu dalam mengerjakan peran baik hingga simpulan

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Jika dalam suatu rapat, rekan kantor memiliki pendapat yang berbeda, padahal Anda-lah yang menjadi pemimpin rapat, maka…
  • Saya teguh mempertahankan pendapat aku
  • Beda pendapat bukanlah dilema serius
  • Saya pertimbangkan pendapat tersebut
  • Saya lihat dulu siapa ia
  • Menanyakannya mengapa ia berani berbeda pendapat dengan pemimpin rapat

9. Kamu juga akan melalui soal yang mengetes seberapa besar kemauanmu untuk selalu belajar

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Jika salah seorang bawahan aku melaksanakan peran yang aku berikan kepadanya dengan sangat baik, maka saya…
  • Puas, namun tak perlu memuji alasannya hal itu akan membuatnya sombong
  • Tak akan memuji
  • Memuji setinggi langit biar beliau juga senang kepada saya
  • Memuji secara proporsional
  • Berpura-pura tidak tahu akan keberhasilannya melaksanakan peran

10. Kerja sebagai aparatur negara berarti mengharuskanmu untuk bisa bekerja secara kelompok. Nah, makanya kamu diharapkan lolos soal tes ini
Contoh soal: unduh versi file pdf 
Saya dimutasi ke departemen lain dimana di departemen tersebut ada seseorang yang tidak suka dengan saya, maka sifat aku…
  • Acuh tak acuh
  • Meminta kepada atasan untuk tidak dipindahkan ke instansi yang dimaksud
  • Berusaha menjadi diri sendiri dengan bersabar, dan memperbaiki diri
  • Bertanya eksklusif kepada orang tersebut kenapa tidak menyukai aku
  • Mengundurkan diri dari pekerjaan karena takut

11. TKP juga akan mengukur kemampuanmu dalam mengoordinasi dan memimpin orang lain

Contoh soal: unduh versi file pdf 
Ketika sedang melakukan presentasi, kancing baju Pak Benny, yang juga atasan Anda, terlepas satu buah di bagian perut. Hal ini sangat mengganggu jalannya presentasi. Namun, sepertinya tak ada yang berani memberitahu Pak Benny. Bagaimana perilaku Anda?
  • Lebih baik aku diam sebab yang lain pun juga membisu saja
  • Saya menuliskan ke secarik kertas mengenai hal tersebut kemudian aku serahkan kepada Pak Benny
  • Meskipun hal itu mengganggu jalannya presentasi, namun aku tak mau ambil risiko dengan memberitahunya
  • Saya takut Pak Benny tersinggung, jadi tak ada alasan untuk saya memberitahunya
  • Saya berharap biar Pak Benny sadar dengan sendirinya

Ingat keseimpulannya yakni, bahwa dalam mengerjakan soal TKP HOTS maka posisikan diri anda sebagai seorang yang berkerja pada instansi negara, adalah berposisi sebagai PNS, nah dikala anda berpikir sebagai PNS lalu bagaimana prioritasmu ketika dihadapkan pada sebuah pilihan.

Jangan lupa juga untuk senantiasa berlajar, berdoa dan agar tahun ini kita akan sukses hingga tahapan tamat aamiin. Ehhh jangan lupa lagi teman cendekiapedia untuk selalu share, like, dan komentari setiap yang mas Hakim tulis.

Penulis @hakimlfc13
  • soal tkp cpns pdf
  • tes karakteristik eksklusif cpns 2019
  • acuan soal tkp cpns 2018
  • tes karakteristik pribadi 2019
  • acuan soal tkp pdf
  • soal tkp cpns 2019
  • download soal tes karakteristik pribadi cpns gratis
  • teladan soal tkp cpns 2019
  • tes karakteristik langsung online
  • acuan soal tkp cpns 2018
  • contoh soal tkp pdf
  • rumus tkp
  • soal terbaru tkp 2019
  • tiu cpns yakni
  • download tes karakteristik eksklusif pdf
  • pengertian karakteristik langsung
  • soal tiu yakni
  • tes huruf insan
  • tips jitu menjawab soal tkp
  • soal tiu cpns yang sering keluar
  • soal tkp cpns 2019 dan pembahasan
  • pola soal tkp cpns 2019 pdf
  • lemah di tiu
  • simulasi tiu cpns 2019
  • berguru tkp cpns 2018
  • download soal tkp hots dan pembahasan
  • tkp sulit cpns
  • kisi kisi soal tiu twk tkp
  • tkp soal cpns 2018
  • kisi kisi tes skd cpns 2018
  • soal tkp jejaring kerja
  • teladan soal tkp jenis sosial budaya
  • latihan soal tkp online
  • soal tkb teknologi isu dan komunikasi
  • soal tkp kreativitas dan penemuan
  • integritas diri tkp
  • orientasi kepada orang lain
  • teladan soal tkp aspek pelayanan publik
  • acuan soal tkp pelayanan publik cpns
  • acuan soal tkp hots aspek pelayanan publik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel