Rpp 1 Lembar Sd/Mi Smp/Mts Sma/Ma Smk/Mak Kurikulum 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 1 Lembar

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - Suatu aktivitas pembelajaran, diharapkan sebuah planning supaya pembelajaran tersebut mampu berjalan dengan baik.

Ditahun 2020, menteri pendidikan terbaru membuat gebrakan terkait pembuatan RPP. Dimana dulu RPP itu identik berlembar-lembar maka kini hanya 1 lembar RPP saja.

Sebelum membagikan file aplikasi RPP satu lembar, mas Hakim terlebih dahulu akan menjelaskan apa itu RPP. Berikut dijelaskan beberapa hal mengenai RPP.

1. Pengertian RPP

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yaitu rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus (Kunandar, 2011: 263).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, sumber belajar, dan evaluasi hasil mencar ilmu ”.  Menurut Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007, komponen RPP ialah: Identitas mata pelajaran, standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi didik, alokasi waktu, metode pembelajaran, aktivitas pembelajaran, evaluasi hasil berguru, dan sumber mencar ilmu.

2. Tujuan dan Fungsi RPP

Tujuan rencana pelaksanaan pembelajaran adalah untuk: (1) mempermudah, memperlancar dan meningkatkan hasil proses mencar ilmu-mengajar; (2) dengan menyusun planning pembelajaran secara profesional, sistematis dan berdaya guna, maka guru akan bisa melihat, mengamati, menganalisis, dan memprediksi program pembelajaran sebagai kerangka kerja yang logis dan terpola (Kunandar, 2011: 264).

Fungsi rencana pembelajaran yakni sebagai contoh bagi guru untuk melakukan acara mencar ilmu-mengajar (acara pembelajaran) agar lebih terarah dan berjalan secara efektif dan efisien (Kunandar, 2011: 264).

3. Bagaimana Cara Membuat RPP Tahun 2020?

Setelah terpilihnya menteri pendidikan yang gres, penyusunan RPP sudah tidak sekompleks dulu, sekerang untuk menekan kinerja guru yang terbaik, maka manajemen kelas oleh guru diminimalkan mungkin.

Maka terbitlah RPP 1 lembar saja, RPP ini baru dan ada ditahun 2020 atas kebijakan terbaru. Yang lebih mengejutkan lagi dalam menyusun RPP 1 lembar ini juga disediakan aplikasinya yang menciptakan guru lebih mudah dan tinggal mengisinya saja.

4. Dimana Kita Mendapatkan Apliaksi RPP 1 Lembar?

Nah untuk menjawab hal tersebut mas Hakim melalui blog ini akan membagikan file aplikasi RPP 1 lembar tersebut, aplikasi ini bisa digunakan untuk guru dari tinggal SD hingga SMA disemua kelas.

 diperlukan sebuah rencana agar pembelajaran tersebut dapat berjalan dengan baik RPP 1 Lembar SD/MI SMP/MTS SMA/MA SMK/MAK Kurikulum 2013
RPP 1 Lembar

Bagi yang berminat mampu mengunduhnya dari link dibawah ini:
Unduh file RPP 1 lembar

5. Penutup

Nah begitulah goresan pena mas Hakim kali ini, biar aplikasi RPP 1 lembar ini dapat mempermudah guru-guru dimanapun berada, semoga semakin semangat mengajar dan mencerdaskan bangsa.

Penulis @hakimlfc13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel