Wajib Kau Ketahui! Begini Cara Cek Aktif Tidaknya Nuptk Kau

soalcpnsdansekolah.blogspot.com - Wajib kau ketahui! begini cara cek aktif tidaknya NUPTK kau, cara cek NUPTK aktif atau tidak.

Mas Hakim kali ini berkesempatan untuk memberi tahu bagaimana cara mengecek NUPTK yang dipunyai, statusnya masih aktifkah atau sudah non aktif.

 begini cara cek aktif tidaknya NUPTK kamu Wajib Kamu Ketahui! Begini Cara Cek Aktif Tidaknya NUPTK Kamu
NUPTK

NUPTK sendiri merupakan akronim dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang merupakan Nomor Induk bagi seorang Pendidik atau Tenaga Kependidikan.

NUPTK diberikan kepada seluruh PTK baik PNS maupun Non-PNS sebagai Nomor Identitas yang resmi untuk keperluan identifikasi dalam banyak sekali pelaksanaan program dan aktivitas yang berkaitan dengan pendidikan dalam rangka peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.

NUPTK terdiri dari 16 nomer unik yang tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan berpindah daerah mengajar, perubahan riwayat, stastus kepegawaian, atau terjadi perubahan data lainnya.

NUPTK merupakan syarat bagi seorang guru untuk dapat megikuti berbagai acara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terutama terkait dukungan derma profesi guru (Baca: Keuntungan memiliki NUPTK bagi pendidik).

Nah tentu bagi guru yang sudah memiliki NUPTK harus mencek kondisi NUPTKnya, NUPTK tersebut masih aktif ataukah sudah di non aktifkan.
  1. Silahkan siapkan NUPTK yang telah diterbitkan. Caranya: silahkan terusan link ini https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id/ dan sehabis berhasil login, disini kita bisa melihat NUPTK kita.
  2. Selanjutnya, silahkan klik link berikut https://gtk.data.kemdikbud.go.id/ untuk mengusut aktif atau tidaknya NUPTK GTK.
  3. Pilih menu "Status NUPTK", pada halaman tersebut terdapat kolom kosong untuk kita isikan NUPTK. Silahkan isikan NUPTK rekan-rekan sekalian, kemudian klik Enter di keyboard.
  4. Apabila setelah rekan-rekan enter data tadi dan hasilnya tampil mirip halaman dibawah ini, berarti NUPTK rekan sudah aktif. Dan sebaliknya bagi NUPTK yang belum aktif pada ketika pengisian NUPTK di kolom tadi, data akan kosong. 

Demikianlah cara menilik keaktifan NUPTK. Pastikan NUPTK aktif biar kalau ada hal yang membutuhkan/memakai NUPTK kamu sahabat tidak kerepotan.

Sekian ya teman , jangan lupa share dan dukung terus blog mas Hakim ini supaya senantiasi bisa menunjukkan isu yang bermanfaat.

Penulis @hakimlfc13

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel